Langsung ke konten utama

Drivepedia: Istilah Mobil dan Istilah Car Culture oleh - velgmobilbali.xyz

Halo sahabat selamat datang di website velgmobilbali.xyz, pada kesempatan hari ini kita akan membahas seputar Drivepedia: Istilah Mobil dan Istilah Car Culture oleh - velgmobilbali.xyz, kami sudah mempersiapkan artikel tersebut dengan informatif dan akurat, silahkan membacaDalam dunia otomotif, tepatnya dunia car culture kita akan menemukan banyak sekali istilah mobil. Baik itu dalam artikel, video atau percakapan, istilah-istilah ini seringkali digunakan para enthusiast. Sebut saja seperti bagged, sileighty, wangan, boosted, 2step, straightpipe, apex, understeer, oversteer, gymkhana, dan lain-lainnya. Banyak banget lah pokoknya hehe.Istilah tersebut ada yang berupa kosakata baku, tetapi memang banyaknya ya merupakan kosakata slang. Sebagaimana layaknya kosakata slang, sebagian diantaranya tidak diketahui siapa yang memulai atau menciptakan kosakata tersebut. Tapi, sebagian lainnya memang ada juga yang diketahui asal muasal terciptanya kosakata tersebut.Kita ga akan bahas asal muasal …

Gimana Rasanya Bangun Mobil/ Punya Project Car? oleh - velgmobilbali.xyz

Halo sahabat selamat datang di website velgmobilbali.xyz, pada kesempatan hari ini kita akan membahas seputar Gimana Rasanya Bangun Mobil/ Punya Project Car? oleh - velgmobilbali.xyz, kami sudah mempersiapkan artikel tersebut dengan informatif dan akurat, silahkan membaca

Mau coba bangun mobil? Pengen punya project car?

Setiap car enthusiast pasti sudah tidak asing dengan yang namanya project car. Klo di kita istilahnya bangun mobil. Kita sudah sering menjumpainya. Entah itu pada artikel-artikel di website mobil yang populer semacam Speedhunters, Super Street, atau pada video-video di Youtube.

Kita pasti terpukau dan terkagum dengan mobil yang dibangun, sampai hasil akhirnya berupa mobil performa dengan visual yang menawan!

Dari sanalah kita kemudian termotivasi, atau teracuni untuk memiliki sebuah project car. Untuk merasakan bagaimana rasanya membangun mobil. Minimal membayangkan, pengen bangun mobil ini mesinnya swap pake ini, tuning modifnya ke arah street atau ke drifting, bodykitnya begini, mau pake velg ini lebar sekian, bla bla bla dan seterusnya.

Sebelumnya, marilah kita bicara dulu apakah project car itu? Bagaimana kriteria untuk bisa disebut kita sedang bangun mobil?

Sebenarnya, konsep project car bisa cukup luas.

Kita bisa membeli mobil bekas yang masih bagus atau bahkan mobil baru, lalu kita modifikasi berbagai aspeknya seperti suspensi, mesin, interior, bodykit, aero dll. Itu sah-sah saja disebut dengan project car. Masih bisa diterima.

Tetapi konsep project car alias bangun mobil sejatinya memiliki unsur restorasi. Ada bagian atau beberapa bagian dari mobil yang harus diperbaiki agar mobil bisa berfungsi kembali alias jalan lagi. Tentunya seringkali bukan hanya sekedar jalan lagi, tetapi mobil menjadi jauh lebih baik lagi dari berbagai aspeknya.

Itulah kenapa ada istilah built not bought. Built mobil alias bangun mobil bukan sekedar ganti velg, ceperin dan pasang-pasang asesoris doank.

Bangun mobil, atau sebuah project car sejatinya adalah mobil bobrok piece of shit yang bagi para non-car guy adalah mobil sampah yang kalo dibenerin bakal jadi buang-buang uang. Istilahnya mening sekalian beli yang udah jadi atau udah beres, daripada ngabisin waktu uang untuk memperbaikinya.

Kalo di kita, seringkali mobil project car ini disebut dengan mobil bahan.

Tapi ya disanalah bedanya car enthusiast. Terlepas dari wujud bobroknya, mereka melihat potensi mobil tersebut dan melihatnya sebagai potensi untuk menjalin bond alias ikatan dengan mobil tersebut. Itulah kenapa tidak jarang, car enthusiast yang gemar atau tergoda untuk ‘mengadopsi’ mobil alias nambah beli lagi project car meskipun mobil-mobilnya belum pada beres.

Lalu bagaimana kah rasanya membangun mobil alias punya project car? Apakah seru? Apakah memuaskan?

Di dalam ulasan ini kita akan bahas beberapa di antaranya. Sedikit catatan, ulasan ini lebih berfokus pada rasanya bangun mobil dengan kondisi budget yang tidak melimpah ruah. Cukup banyak memang orang bangun mobil dengan kondisi seperti ini dan tentunya prosesnya lebih terasa. Kalo budget mumpuni, project car target setahun ya beres setahun, atau bahkan bisa beres beberapa bulan saja.

Kita mulai saja, sudah siap kopinya?

Bangun Mobil Itu Money Pit

Gimana Rasanya Bangun Mobil/ Punya Project Car?

Project car adalah money pit alias lubang uang. Duit kita akan tersedot dan tersedot dan terus tersedot. Ini sudah menjadi kesepemahaman internasional. Bisa kita lihat dari berbagai meme project car yang sebagian besar bertema bangun mobil sebagai penghisap uang. Bahkan dibercandakan, lebih murah kecanduan drugs daripada kecanduan project car.

Kenapa bisa terjadi seperti demikian?

Meskipun sudah kita budget-kan segala sesuatunya untuk bangun mobil. Pada realisasinya, seringkali ada saja hal-hal di luar rencana yang mengharuskan kita merogoh kembali kocek kita. Entah itu ada part mobil yang ternyata belum masuk ke list atau ada kendala baru yang dijumpai dalam proses restorasi.

Project car yang umumnya mobil bahan yang bobrok (dan biasanya jadul) tentunya partnya sudah banyak yang berumur. Yang ini baru beres dibenerin, eh ga lama part lain yang ngadat. Beresin lagi, ga lama part lainnya berulah, dan begitulah seterusnya.

Gimana Rasanya Bangun Mobil/ Punya Project Car?

Kembali pada budget. Terkadang kita sudah membudgetkan untuk part-part mobil tetapi pada prakteknya kita seringkali teracun atau ingin part yang lebih baik lagi. Budget coilover misal 15 juta, eh pas mau beli liat ada seri/ tipe yang lebih di atasnya, ‘cuman’ beda 3 juta saja. Ya udah deh kagok beli yang 18 juta saja.

Mau beli pompa bensin, tadinya sudah dianggarkan untuk yang flow nya 255 lph. Pas mau beli liat yang 450 lph ‘beda dikit’, duh nanggung…akhirnya beli yang 450 lph. Dan berbagai macam kasus lainnya yang mengakibatkan duit kita semakin terus terkuras.

Bukan hanya uang untuk beli part saja, untuk biaya bengkelnya pun akan menyedot duit. Terkecuali memang kita akan benar-benar mengerjakan bangun mobil dengan tangan kita sendiri.

Kita Akan Berdoa Sebelum Menyalakan dan Menjalankan Mobil

Lho kan memang sebagian dari kita lazim berdoa dulu sebelum menjalankan mobil?

Ketika kita memiliki project car kita berdoa bukan sekedar biar selamat di jalan. Tetapi kita berdoa agar mobil bisa menyala. Berdoa agar mobil tidak ngadat tengah jalan, please please mudah-mudahan lancar dan ga ada yang aneh-aneh. Seperti itulah perbedaan ‘berdoanya’.

Membawa jalan project car sama dengan membawa kotak misteri, yang entah kapan entah dimana si kotak bisa tiba2 kebuka dan wakswaww, tiba2 mobil berhenti jalan.

Hal tersebut bisa semakin terasa bila mobil yang kita bangun belum sepenuhnya beres alias setengah beres.

Gimana Rasanya Bangun Mobil/ Punya Project Car?

Orang-Orang Akan Berkomentar

Gimana Rasanya Bangun Mobil/ Punya Project Car?

Lagi bangun mobil? Punya project car? Maka hal ini pasti sudah tidak asing lagi. Orang akan berkomentar. Mau itu temen, tetangga bahkan sampai pacar/ istri atau keluarga sendiri.

Membangun mobil bagi non car guy adalah hal yang sulit dimengerti. Kenapa mau cape-cape beli mobil bobrok trus ngabisin waktu dan uang untuk memperbaikinya? Dan ga beres-beres juga, ada saja yang diperbaiki atau dirubah-rubah.

Hal inilah memang yang paling sering disorot untuk bahan komentar orang. “Udah jual ajalah”, “kenapa sih suka banget benerin mobil tua”, “Mending beli mobil yang ga rewel”, “Kapan beresnya ini mobil, kok rusak terus?”, “percuma dimodif-modif, pas dijual gakan balik modal malah rugi”, “sayang uangnya mening cari mobil lain”, dan berbagai komentar lainnya.

Gimana Rasanya Bangun Mobil/ Punya Project Car?

Komentar non-car guy ini memang terkadang bisa menusuk ke hati. Tapi ya mau bagaimana lagi mereka tidak memiliki visi dan passion yang sama dengan car enthusiast. Jadi ya sabarin aja.

Tapi, jangan salah lho. Terkadang sebaliknya, kita juga akan menemukan komentar yang membuat kita tersenyum. Beberapa diantaranya seperti “Wah mobil xx ya om, tahun berapa?”, “Mas, itu intercooler ya, pake turbo ini?”, “Om gagah bener mobilnya, sangar om”, “Wah mobil balap ini, doyan geber2 ya Mas”, dan seterusnya.

Kamu Akan Diam-Diam Berharap Mobil Yang Reliable

Punya project car itu rasanya memacu adrenaline, bukan hanya karena performanya. Tetapi juga karena kekhawatiran mobil bisa tiba-tiba saja berhenti, ngadat entah apa lagi yang bermasalah.

Sudah menjadi kesepemahaman internasional bahwa project car bukanlah mobil yang reliable. Mau mobil performa dan reliable? Pasti mahal. Mau mobil performa tapi murah? Ya pasti kurang reliable.

Bangun mobil pun memang biasanya melibatkan mobil bobrok dan atau mobil jadul. Otomotis berbagai partnya pun sudah berumur dan harus diganti untuk peremajaan. Rusak ini, dibenerin, ga lama kemudian rusak lagi yang lain, benerin lagi, dan seterusnya. Siap-siap saja untuk terkadang tidak bisa menggunakan mobil selama berminggu atau berbulan-bulan, bahkan bisa tahunan! Itulah kenapa banyak orang menyarankan untuk memisahkan antara mobil project dan mobil harian (daily).

Gimana Rasanya Bangun Mobil/ Punya Project Car?

Bila tidak dipisahkan, dijamin akan ada momen-momen ketika kita diam-diam berharap mobil yang reliable. Tidak perlu power gede yang penting lancar tenang dipakenya. Ga usah brapp stututu yang penting AC normal dingin ga kepanasan. Ga pake ban lebar tampilan garang tapi bisa dipake bila dibutuhkan, bukan cuman pajangan garasi yang rusak nunggu sparepart/budget ada.

Mobil reliable memang membosankan, tetapi ga rewel dan dapat diandalkan. Mobil project car memang menggairahkan dan mendebarkan, tetapi tidak dapat diandalkan. Terkadang kita berharap yang pertama.

Kamu Akan Punya Berbagai Kenangan dan Cerita

Gimana Rasanya Bangun Mobil/ Punya Project Car?

Orang mungkin tidak akan tahu. Proses membangun mobil ini akan menciptakan bond atau ikatan antara kita dan mobil kita.

Relationship antara mobil project car dan pemiliknya tercipta dari proses restorasi, modifikasi yang di dalamnya akan dijumpai berbagai cerita dan pengalaman yang melibatkan berbagai macam emosi. Terkadang bisa cerita senang, cerita sabar, cerita pusing, cerita konyol, dan berbagai macam kenangan lainnya.

Kita akan memiliki berbagai kenangan dan akan sangat antusias menceritakannya. Momen saat mobil project car kita pertama kali dihidupkan, saat kesulitan cari-cari sparepart xx, saat pertama kali coba dyno, saat mogok di tol sampai harus telp towing, saat mobil mogok tengah malam dan bengkel pada tutup, saat mobil tes lari sampai tembus 240km/jam, saat mobil harus teronggok di garasi rusak 3 bulan karena budgetnya ga ada, dan lain-lainnya.

Keseluruhan kenangan dan petualangan bersama mobil yang kita bangun ini semakin menguatkan ikatan emosional antara mobil dan pemiliknya. Itulah kenapa project car dirasakan jauh lebih memiliki karakter dan soul dibandingkan mobil harian. Itulah juga kenapa kita akan lebih sering memikirkan dan membicarakan mobil project car yang sering mogok itu, dibandingkan mobil harian yang setiap hari kita andalkan.

Demikian ulasan kali ini.

Memiliki project car atau membangun mobil bisa menjadi hal yang memusingkan, menghabiskan waktu dan uang. Tapi di balik semuanya ada kepuasan serta berbagai cerita dan pengalaman yang mungkin tidak akan pernah dirasakan orang yang tidak pernah memilik project car.

Memiliki project car juga merupakan sebuah ikatan dan hubungan yang tidak akan pernah berakhir. Kenapa? Karena tidak akan pernah selesai. Selalu ada hal yang bisa dikerjakan, selalu ada yang bisa diperbaiki atau ditingkatkan, dan akan selalu ada cerita serta pengalaman lainnya menunggu kita.

Bagaimana nih menurut kalian, ada yang mau rencana bangun mobil? Ada yang mau berbagi pengalamannya dengan project car?

Oya, 3 hari lagi Idul Fitri ya. Saya mau ucapin lebih awal. With all the love, blessings, and peace, selamat hari raya Idul Fitri! Mohon maaf lahir batin dan mudah-mudahan kita selalu diberikan keberkahan dan kesehatan 🙂

Untuk ulasan dan bahasan mobil menarik lainnya, ikuti juga Instagram kita ya!



BONUS: Beberapa meme lainnya mengenai project car atau bangun mobil.

Gimana Rasanya Bangun Mobil/ Punya Project Car?

Gimana Rasanya Bangun Mobil/ Punya Project Car? Gimana Rasanya Bangun Mobil/ Punya Project Car? Gimana Rasanya Bangun Mobil/ Punya Project Car? Gimana Rasanya Bangun Mobil/ Punya Project Car?

Itulah tadi informasi mengenai Gimana Rasanya Bangun Mobil/ Punya Project Car? oleh - velgmobilbali.xyz dan sekianlah artikel dari kami velgmobilbali.xyz, sampai jumpa di postingan berikutnya. selamat membaca.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dimana & Bagaimana Beli Sparepart Mobil Dari Jepang? oleh - velgmobilbali.xyz

Halo sahabat selamat datang di website velgmobilbali.xyz, pada kesempatan hari ini kita akan membahas seputar Dimana & Bagaimana Beli Sparepart Mobil Dari Jepang? oleh - velgmobilbali.xyz, kami sudah mempersiapkan artikel tersebut dengan informatif dan akurat, silahkan membacaSparepart mobil bisa menjadi sebuah hal yang menyita berbagai hal, selain tentunya duit. Waktu dan pikiran pun bisa terkuras karena sparepart mobil. Hal ini tentu tidak menjadi masalah bila mobil kita termasuk mobil umum yang mudah dicari sparepartnya. Di bengkel resmi pasti ada, di toko sparepart ada, online pun banyak. Hanya tinggal cek bandingan harga saja. Atau misal gamau ribet, tinggal datangin aja toko sparepart yang sudah dikenal dan langsung beli.Lain ceritanya bagi para enthusiast yang mobilnya klo ga mobil modif atau mobil klasik yang sparepartnya bagaikan artifak yang jarang ditemui. Kelangkaan ini bisa disebabkan beberapa faktor semisal mobilnya memang sudah jadul atau memang sparepart yang dicar…

Drivepedia: Istilah Mobil dan Istilah Car Culture oleh - velgmobilbali.xyz

Halo sahabat selamat datang di website velgmobilbali.xyz, pada kesempatan hari ini kita akan membahas seputar Drivepedia: Istilah Mobil dan Istilah Car Culture oleh - velgmobilbali.xyz, kami sudah mempersiapkan artikel tersebut dengan informatif dan akurat, silahkan membacaDalam dunia otomotif, tepatnya dunia car culture kita akan menemukan banyak sekali istilah mobil. Baik itu dalam artikel, video atau percakapan, istilah-istilah ini seringkali digunakan para enthusiast. Sebut saja seperti bagged, sileighty, wangan, boosted, 2step, straightpipe, apex, understeer, oversteer, gymkhana, dan lain-lainnya. Banyak banget lah pokoknya hehe.Istilah tersebut ada yang berupa kosakata baku, tetapi memang banyaknya ya merupakan kosakata slang. Sebagaimana layaknya kosakata slang, sebagian diantaranya tidak diketahui siapa yang memulai atau menciptakan kosakata tersebut. Tapi, sebagian lainnya memang ada juga yang diketahui asal muasal terciptanya kosakata tersebut.Kita ga akan bahas asal muasal …